Wednesday, November 10, 2010

KEBIJAKAN PEMERINTAH

KEBIJAKAN MAUT PEMERINTAH
Ridho, seorang anak kecil dari Bojonegoro, yang beritanya diekspos besar-besaran oleh media, telah menanggung akibat dari kebijakan pemerintah terkait konversi minyak tanah ke gas elpiji. Dia, dengan usianya yang masih kecil, telah menjadi korban ledakan gas elpiji di rumahnya. Tak bisa dibayangkan bagaimana perasaannya, terutama orang tuanya, melihat kondisi sekujur tubuh yang luluh akibat terbakar. Hari-hari yang dijalani oleh Ridho pasti penuh penderitaan baik secara fisik maupun mental. Akankah hal serupa terjadi lagi? Jangan! Sudah cukup!
Konversi minyak tanah ke gas elpiji merupakan kebijakan pemerintah menyikapi terjadinya kelangkaan BBM. Pemerintah tidak mempunyai cadangan BBM yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tapi, pemerintah kurang siap dan tampak tidak serius dalam menerapkan kebijakan konversi minyak tanah ke gas elpiji ini, buktinya banyak terjadi ledakan elpiji. Kualitas tabung elpiji yang dinilai tidak baik diberikan kepada masyarakat secara cuma-cuma. Informasi pemakaian dan tentang keamanan tidak diberikan kepada masyarakat secara merata. Dan tidak diawasinya secara ketat peredaran perlengkapan elpiji di pasaran yang tidak dijamin keamanannya.
Sudah seharusnya pemerintah bertanggung jawab atas semua ledakan yang terjadi akibat elpiji. Pemerintah harus menanggung kerugian yang dialami masyarakat korban ledakan elpiji dengan sepenuhnya. Pemerintah harus melakukan upaya untuk mencegah terjadinya lagi ledakan gas elpiji. Pemerintah harus menjamin rasa aman bagi masyarakat pengguna elpiji.
Perlu untuk meninjau ulang aturan konversi minyak tanah ke gas elpiji. Tentukan panishment yang berat bagi pihak yang mengedarkan alat perlengkapan elpiji yang tidak berlabel SNI. Buat iklan penggunaan elpiji secara detail, mudah dipahami dan secara besar-besaran, agar masyarakat benar-benar mengerti. Dan masyarakat diharapkan waspada dan hati-hati dalam menggunakan gas elpiji karena akibat yang buruk dari elpiji tidak bisa dilepaskan dari kewaspadaan pengguna itu sendiri. Diharapkan semua pihak ikut memberikan perhatian terhadap pencegahan terjadinya ledakan gas elpiji.

No comments:

Post a Comment