Monday, April 26, 2010

TEORI EVOLUSI

PEMBAHASAN
KEBERHASILAN-KEBERHASILAN SAINS BARAT DALAM BIDANG
BIOLOGI, FISIKA DAN KIMIA
1. BIOLOGI
Berikut ini adalah cabang-cabang dari ilmu biologi :
 Anatomi, Bakteriologi, Botani, Ekologi, Entomologi, Evolusi, Fisiologi Genetika Higien, Histologi, Mikrobiologi, Palaeontologi, Parasitologi, Sitologi, Virologi dan Zoologi.
Di dalam biologi dikemukakan Aristoteles dengan teorinya abiogenesis atau generatio spontanea yang menerangkan bahwa makhluk hidup terjadi begitu saja dari benda mati. Menurut suatu teori, organisme sekarang yang beraneka ragam merupakan hasil dari proses evolusi kehidupan. Yaitu suatu perubahan kehidupan menjadi bentuk kehidupan lain melalui suatu proses yang perlahan-lahan dan memakan waktu ratusan sampai jutaan tahun. Teori tersebut menyebutkan bahwa organisme yang mula-mula ada didunia berupa organisme bersel tunggal dan organisme ini berasal dari agregasi molekul-molekul yang ada.

CHARLES DARWIN TENTANG SELEKSI ALAM (1809 - 1882)
Charles Darwin memiliki nama panjang Charles Robert Darwin adalah ilmuwan asal negara Inggris yang menemukan hasil penelitian di pulau Galapagos untuk menunjang teori Evolusi. Charles Darwin disebut sebagai "Bapak Evolusi" karena memiliki data yang lebih lengkap untuk menguatkan teori evolusi. Charles Darwin mengeluarkan dua buah buku yang memberikan andil yang cukup penting bagi perkembangan teori evolusi, yakni :
1. On The Origin Of Species by Means Of Natural Selections tahun 1859.
Spesies yang hidup di masa sekarang berasal dari makhluk hidup yang berasal dari masa lampau.
2. The Descent Of Man tahun 1857.
Evolusi terjadi karena adanya proses seleksi alam (Natural Selections)
Pengertian dan arti definisi seleksi alam adalah seleksi yang terjadi pada individu-individu yang hidup di alam, sehingga individu yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut akan terus hidup dan beranak pinak, sedangkan yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan alam lingkungan sekitarnya akan musnah dan hilang dimakan waktu.

TEORI EVOLUSI JEAN BAPTISTE LAMARCK (1744 - 1829)
Jean Baptiste Lamarck adalah seorang ahli biologi dari Perancis yang membuat suatu teori mengenai makhluk hidup yang sederhana dengan yang modern mamiliki suatu hubungan asal-muasal. Teori Lamarck dikenal dengan paham "Use and Disuse" dari buku Philosophie Zoologique.
Dalam bukunya lamarck menjelaskan teorinya dengan inti sari sebagai berikut, teori Lamack adalah evolisi terjadi karena pengaruh faktor lingkungan. Menurut Lamack yang menyebabkan perubahan makhluk hidup, disebabkan oleh kuantitas penggunaan Organ Tubuh,:
Persamaan teori Lamack dengan tori Darwin adalah evolisi sama-sama terjadi karena pengaruh faktor lingkungan. Sedangkan perbedaannya adalah pada yang menyebabkan perubahan makhluk hidup, di mana Lamarck disebabkan oleh kuantitas penggunaan Organ Tubuh, sedangkan Darwin pada Seleksi Alam.

2. FISIKA
Fisika adalah ilmu yang terutama mempelajari hubungan antara materi dan energi. Perubahan global yang berlangsung cukup cepat menempatkan fisika sebagai tulang punggung ilmu pengetahuan dan tehnologi. Sehingga dalam perkembangannya ilmu fisika memperkenalkan tiga bidang utama beberapa cabang ilmu, diantaranya yang kita kenal sebagai Ilmu Geologi, Geofisika, Hidrologi dan lain-lain.
Untuk petama kalinya dalam sejarah ilmu pengetahuan, mereka menjelaskan alasan yang tepat tentang pembentukan pelangi yag disebabkan oleh fraksi dan refleksi.
Masalah gerak Energi mulai dipikirkan ketika manusia mulai mempelajari konsep gerakan. Ternyata energi dapat muncul dalam berbagai bentuk dan dapat berubah bentuk. Konsep ini baru muncul setelah melalui bermacam-macam perkembangan.

SAAC NEWTON (1642 - 1727)
Alam dan hukum alam tersembunyi di balik malam.
Tuhan berkata, biarlah Newton ada! Dan semuanya akan terang benderang
Saac Newton adalah ilmuwan paling besar dan paling berpengaruh yang pernah hidup di dunia, lahir di Woolsthrope, Inggris, tepat pada hari Natal tahun 1642, bertepatan tahun dengan wafatnya Galileo. Keberhasilan Newton di bidang Optik dan di bidang Matematika murni dan di bidang Mekanika. Persembahan terbesarnya di bidang Matematika adalah penemuannya tentang "Kalkulus Integral". Tetapi Penemuan-penemuan Newton yang terpenting adalah di bidang Mekanika, pengetahuan sekitar bergeraknya sesuatu benda. Galileo merupakan penemu pertama hukum yang melukiskan gerak sesuatu obyek apabila tidak dipengaruhi oleh kekuatan luar.

GALILEO GALILEI (1564 - 1642)
Ilmuwan Itali besar ini mungkin lebih bertanggung jawab terhadap perkembangan metode ilmiah dari siapa pun juga. Galileo lahir di Pisa, tahun 1564. Sumbangan penting pertamanya di bidang Mekanika. Aristoteles mengajarkan, benda yang lebih berat jatuh lebih cepat ketimbang benda yang lebih ringan, dan bergenerasi-generasi kaum cerdik pandai menelan pendapat filosof Yunani yang besar pengaruh ini.
Tetapi, Galileo memutuskan mencoba dulu benar-tidaknya, dan lewat serentetan eksperimen dia berkesimpulan bahwa Aristoteles keliru. Yang benar adalah, baik benda berat maupun enteng jatuh pada kecepatan yang sama kecuali sampai batas mereka berkurang kecepatannya akibat pergeseran udara. (Kebetulan, kebiasaan Galileo melakukan percobaan melempar benda dari menara Pisa tampaknya tanpa sadar).
A.H. Compton Pada tahun 1923, mempelajari gejala tumbukan antrara foton dan elektron, dengan cara menumbukkan bekas gelombang elektron magnet yang keluar dari dari bahan radioaktif pada keping berlium. Pada arah tertentu, dipasang detektor elektron dan foton agar hanya pasangan foton dan elektron yang datang secara serentak yang dapat dideteksi. Dari percobaan ini A.H. compton memperoleh kesimpulan bahwa paket energi gelombang elektro magnetik dapat berfungsi sebagai partikel.

3. KIMIA
ANTOINE LAURENT LAVOISIER (1743-1794)
Pada akhir abad ke-17, Antoine Laurent Lavoisier adalah seorang Ilmuwan Perancis yang hebat dan merupakan tokoh terkemuka di bidang perkembangan ilmu kimia. Antoine Lavoisier melalui metode yang dikenal dengan sebagai metode ilmiah. Lavoisier menyelediki secara kuantitatif pembakaran zat-zat seperti besi, timah dan sebagainya. Ternyata hasil pembakaran mempunyai massa lebih besar dari pada zat semula, sedangkan tekanan dalam tabung tempat pembakaran itu dilaksanakan menjadi berkurang. Ini berarti ada sesuatu dari udara yang bersenyawa dengan zat yang dibakar. Lavoisier menarik kesimpulan bahwa pada pembakaran ada suatu zat diambil dari udara.
Filosof Inggris Francis Bacon dan Filosof Perancis Rene Descartes kedua-duanya berseru kepada ilmuwan seluruh Eropa agar tidak lagi menyandarkan diri pada kekuasaan Aristoteles, melainkan melakukan percobaan dan penelitian atas dasar titik tolak dan keperluan sendiri. Apa yang dikemukakan oleh Bacon dan Descartes, sudah dipraktekkan oleh si hebat Galileo.
Penggunaan teropong bintang, penemuan baru untuk penelitian astronomi oleh Newton telah merevolusionerkan penyelidikan bidang itu, dan yang dilakukannya di sektor mekanika telah menghasilkan apa yang kini terkenal dengan sebutan "Hukum gerak Newton" yang pertama. Begitu juga Ahli-ahli kimia berbakat seperti Joseph Black, Joseph Priestley, Henry Cavendish dan lain-lainnya, telah mengisolir arti penting gas seperti oxygen, hydrogen, nitrogen dan carbon dioxide.
KONSEP DAN TEORI ATOM
Susunan atom terdiri dari : partikel proton, neutron dan elektron.
1. Teori atom menurut Leokippos dan Demokratos Atom adalah suatu partikel yang paling kecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi.
2. Teori atom menurut Aristoteles Atom adalah suatu materi yang dapat dibagi-bagi secara terus-menerus atau sekecil-kecilnya tanpa batas.
3. Teori atom menurut Dalton
 Senyawa terbentuk dari gabungan dua atau lebih atom yang berbeda.
 Atom adalah materi yang tersusun dari partikel-partikel yang terkecil.
 Atom tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan serta tidak dapat dipecah atau diperkecil lagi dengan sifat yang sama.
 Unsur disusun oleh dua atau lebih atom yang sama, di mana setiap unsur memiliki sifat dan bentuk yang berbeda.
Jadi, perkembangan ilmu pengetahuan yang dinamis ini, disamping banyak memberikan keuntungan, juga membawa resiko. Agar resiko ditekan sekecil-kecilnya, arah perkembangan ilmu pengetahuan alam harus dilandasi oleh Nilai-nilai kemanusiaan yang luhur.















DAFTAR PUSTAKA
Agus Mulyono, Ahmad Abtokhi. 2006. Fisika dan Al-Qur'an. Malang: UIN Malang Press.
Djunaidi, Mahbub. 1982. Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Mawardi, Nur Hidayati. 2007. IAD-ISD-IBD. Bandung: Pustaka Setia.
Http://www. Pakdenono.com


No comments:

Post a Comment

Post a Comment