Saturday, May 1, 2010

Hadist tentang Saksi

1. Teks Hadist
Hadist tentang saksi sangat banyak jumlahnya, namun terkait hal saksi dalam sebuah pernikahan tidak sedikit pula para sahabat dan perowi hadist yang meriwayatkannya. Diantaranya adalah Imam Daruquthniy. Dalam kajian hadist saksi ini maka diambil salah satu hadist utama yang diriwayatkan oleh Daruquthniy sebagai berikut :
حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْبَزَّارُ وَإِسْمَاعِيلُ بْنُ الْعَبَّاسِ الْوَرَّاقُ قَالاَ حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ شَبَّةَ حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ بَكَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَرَّرٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنِ الْحَسَنِ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لاَ نِكَاحَ إِلاَّ بِوَلِىٍّ وَشَاهِدَىْ عَدْلٍ ».
Menceritakan Ya’kub bin Ibrahim al Bazzaar dan Isma’il bin al Abbas al Waraq mereka berkata, menceritakan Umar bin Sibbah menceritakan Bakr bin Bakkaar menceritakan ‘Abdullah bin Muharrar dari al Hasan dari Imron bin Hushaini dari Abdullah bin Mas’ud berkata, Rosulullah SAW bersabda: “ tidak ada pernikahan kecuali dengan adanya wali dan dua orang saksi” (H.R Daruquthniy)
2. Hadist pendukung
Dalam hadist pendukung ini meliputi hadist-hadist yang mempunyai kesamaan makna, redaksi maupun hadist yang bisa menguatkan, menjelaskan dan juga membandingkan sehingga diketahui maksud dan pemahaman pada hadist utama serta kekuatan hadist dalam segi makna, matan dan sanadnya. Hadist-hadist tersebut antara lain :
Sunan Dar al Quthniy Juz 8 hal.325
3578 - حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا أَبُو خُرَاسَانَ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ السَّكَنِ ح وَأَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحُسَيْنِ الْعَلاَّفُ وَعُثْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ السَّمَّاكُ قَالُوا حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِى سَعْدٍ قَالاَ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ هِشَامٍ التَّمَّارُ حَدَّثَنَا ثَابِتُ بْنُ زُهَيْرٍ حَدَّثَنَا نَافِعٌ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لاَ نِكَاحَ إِلاَّ بِوَلِىٍّ وَشَاهِدَىْ عَدْلٍ ».
Rosulullah bersabda : “Tidak ada peernikahan kecuali dengan adanya wali dan dua orang saksi yang adil”
Sunan Dar al Quthniy juz 8 hal.328
3580 - حَدَّثَنَا أَبُو ذَرٍّ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِى بَكْرٍ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ عَبَّادٍ النَّسَائِىُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَزِيدَ بْنِ سِنَانٍ حَدَّثَنَا أَبِى عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لاَ نِكَاحَ إِلاَّ بِوَلِىٍّ وَشَاهِدَىْ عَدْلٍ ».
Rosulullah bersabda : “Tidak ada peernikahan kecuali dengan adanya wali dan dua orang saksi yang adil”
Sunan Tirmdzi Juz 4 hal.290
1022 - حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ حَمَّادٍ الْبَصْرِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى عَنْ سَعِيدٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ جَابِرِ بْنِ زَيْدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْبَغَايَا اللَّاتِي يُنْكِحْنَ أَنْفُسَهُنَّ بِغَيْرِ بَيِّنَةٍ
Rosulullah bersabda : ”Pelacur-pelacur adalah mereka yang menikahkan diri tanpa saksi”. (H.R Tirmidzi)
Muwatho’ Imam Malik Juz 4 hal.57
982 - و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ الْمَكِّيِّ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ أُتِيَ بِنِكَاحٍ لَمْ يَشْهَدْ عَلَيْهِ إِلَّا رَجُلٌ وَامْرَأَةٌ فَقَالَ هَذَا نِكَاحُ السِّرِّ وَلَا أُجِيزُهُ وَلَوْ كُنْتُ تَقَدَّمْتُ فِيهِ لَرَجَمْتُ
”Malik dalam Muwaththa’ dari Abi Zubair al-Makki. Bahwasanya pernah diajukan kepada Umar bin Khatab dihadapkan suatu pernikahan yang tidak disaksikan melainkan oleh seorang laki-laki dan seorang perempuan maka jawab Umar: ”Nikah ini adalah nikah sirri dan tidak diperbolehkan, seandainya saya menemuinya maka saya akan merajamnya”.
3. Mufrodat
لا نكاح : Tida ada nikah
الا بولي : Kecuali dengan adanya wali
وشاهدي : Dan dua orang saksi
عدل : Yang adil
4. Takhrij al Hadist
-1-
الاسم : عبد الله بن مسعود بن غافل بن حبيب الهذلى ، أبو عبد الرحمن (صاحب رسول الله صلى الله عليه وسلم)
الطبقة : 1 : صحابى
الوفاة : 32 أو 33 هـ بـ المدينة
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : صحابى
رتبته عند الذهبي : صحابى ( قال : من السابقين الأولين )
1. Abdullah bin Mas’ud bin Ghofil bin Habib Al Hadzali
Riwayat : Abdullah bin Mas’ud bin Ghofil bin Habib Al Hadzali, Kuniyahnya Al Hadzali, laqabnya adalah Abu Abdir Rahman. Merupakan golongan sahabat, beliau wafat pada 32 atau 33 Hijriyah di Madinah.
Gurunya : Rosulullah SAW, Su’ud bin Mu’adz Al Anshori, Shofwan bin ‘Asal Al Marodiy, Umar bin Khitab. Guru-gurunya termasuk Golongan sahabat semuanya.
Muridnya : ‘Imron bin Khushaini, Abdullah bin Abbas, Anas bin Malik dll.
Kredibilitas : Sebagai seorang sahabat beliau tidak lagi diragukan keadilannya dan sikap kealimannya.[1]
-2-
الاسم : عمران بن حصين بن عبيد بن خلف الخزاعى ، أبو نجيد ( قضى بالكوفة )
الطبقة : 1 : صحابى
الوفاة : 52 هـ بـ البصرة
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : صحابى ( قال : أسلم عام خيبر و صحب )
رتبته عند الذهبي : صحابى ( قال : أسلم مع أبى هريرة ، بعثه عمر إلى البصرة ليفقههم ، و كانت الملائكة تسلم عليه )
2. ‘Imron bin Hushaini bin ‘Ubaid bin Khilaf Al Khuzaa’iy
Riwayat : ‘Imron bin Hushaini bin ‘Ubaid bin Khilaf Al Khuzaa’iy, laqabnya adalah Abu Najiid. Merupakan golongan sahabat, beliau wafat pada 25 Hijriyah di Basyrah.
Gurunya : Rosulullah SAW, Abdullah bin Mas’ud, Mu’qol bin Yasar
Muridnya : Al Hasan Al Bashri, Qotadah, Zararah bin Ufa
Kredibilitas : Menurut Ibn Hajar dan Al Dzahabi termasuk golongan sahabat, beliau masuk islam bersama Abu Hurairah, beliau juga sebagai hakim di Kuffah.[2]
-3-
الاسم : الحسن بن أبى الحسن : يسار البصرى ، الأنصارى مولاهم أبو سعيد ، مولى زيد بن ثابت ، و يقال مولى جابر بن عبد الله
الطبقة : 3 : من الوسطى من التابعين
الوفاة : 110 هـ
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة فقيه فاضل مشهور ، و كان يرسل كثيرا و يدلس
رتبته عند الذهبي : الإمام ، كان كبير الشأن ، رفيع الذكر ، رأسا فى العلم و العمل
3. Al Hasan bin Abi Al Hasan.
Riwayat : Al Hasan bin Abi Al Hasan, laqabnya adalah Yasar Al Basriy. Merupakan golongan Tabi’in, beliau wafat pada 110 Hijriyah.
Gurunya : ‘Imron bin Khushaini, Umar bin Yaasir, Al Ahnaf bin Qois dll.
Muridnya : Qotadah bin Da’amah, Qurrah bin Kholid, Malik bin Dinar dll.
Kredibilitas : Menurut Ibn Hajar beliau termasuk Tsiqqah dan cerdas sekaligus masyhur. Al Mazzi dalam kitab At Tahdiib mengatakan bahwa ia termasuk orang yang Fasih, beliau adalah putra dari Khirah yang merupakan tuannya Ummu Salamah istri Rosul.
-4-
الاسم : قتادة بن دعامة بن قتادة ، و يقال قتادة بن دعامة بن عكابة ، السدوسى ، أبو الخطاب البصرى
المولد : 60 هـ أو 61 هـ
الطبقة : 4 : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 100 و بضع عشرة هـ بـ واسط
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت
رتبته عند الذهبي : الحافظ
4. Qotadah bin Da’amah bin Qotadah
Riwayat : Qotadah bin Da’amah bin Qotadah, Laqobnya adalah Abu Al Khithab Al Basyri. Beliau termasuk tingkatan ke empat dari golongan tabi’in, beliau lahir tahun 60 Hijriyah dan wafat pada 100 Hijriyah di Wasith.
Gurunya : Al Hasan bin Hasan, Al Hasan Al Basyri, Anas bin Malik, Habib bin Salim dll
Muridnya : Abdullah bin Muharrar, Umar bin Ibrahim, Ibn Umar Al Auzaiy dll.
Kredibilitas : Menurut Ibn Hajar adalah tsiqqah as subut dan juga al dzahabi mengatakan al hafid (kuat hafalannya)
-5-
الاسم : عبد الله بن محرر العامرى الجزرى الحرانى ، و يقال الرقى ( قاضى الجزيرة )
الطبقة : 7 : من كبار أتباع التابعين
الوفاة : فى خلافة أبى جعفر
روى له : ق ( ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : متروك
رتبته عند الذهبي : قال البخارى : منكر الحديث
5. Abdullah bin Muharrar
Riwayat : Abdullah bin Muharrar Al Amiriy al Juzariy al hiraniy, laqobnya al roqiy, termasuk pembesar tabi’ut tabi’in.
Gurunya : Qotadah, Hasan Al Basyri, Yahya bin Abi Katsir.
Muridnya : Hatim bin Isma’il, Yahya bin Abdullah, Abdul Razaq bin Hamam dll.
Kredibilitas : Al Mazziy mengatakan tidak tsiqqah dan juga al ghofil (pelupa), menurut ibn Hajar matruk, Bukhori mengatakan beliau termasuk munkarul Hadist
Dari Sanad Lain:
-1-
الاسم : عمران بن ملحان و يقال ابن تيم و يقال ابن عبد الله ، أبو رجاء العطاردى البصرى ( مشهور بكنيته ) ، و قيل اسمه عطارد بن برز
الطبقة : 2 : من كبار التابعين
الوفاة : 105 هـ
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة
رتبته عند الذهبي : عالم عامل نبيل
1. Imron bin Mulhan
Riwayat : Imron bin Mulhan, disebut juga Ibnu Taim juga dikenal dengan nama Ibnu Abdillah, terkenal dengan kuniyah Abu Rojak al Athoriy al Bashri, ada juga yang menyebutnya Athaarid bin Baraz. Beliau wafat pada tahun 105 H, termasuk golongan pembesar tabi’in.
Gurunya : Abdullah bin Abbas, Imron bin Khushaini, Aisyah, Ali bin Abi Thalib, dll.
Muridnya : Al Muhajir, Jarir bin Hajim, al Ja’du Abu Usman, dll
Kredibilitas : Ishaq bin Mansyur, Yahya bin Muayan, Abu Zaroah mengataknya Tsiqah, Al Mazziy menyebutkan beliau melihan masa Rosulullah akan tetapi Rosul tidak melihatnya.
-2-
الاسم : عبيد الله بن القبطية الكوفى ، لقبه المهاجر ( حكاه الدارقطنى )
الطبقة : 4 : طبقة تلى الوسطى من التابعين
رو
ى له : ى م د س ( البخاري في جزء رفع اليدين - مسلم - أبو داود - النسائي )
رتبته عند ابن حجر : ثقة
رتبته عند الذهبي : وثقه ابن معين
2. Ubaidillah bin al Qibtiyah al kuufiy
Riwayat : Ubaidillah bin al Qibtiyah al kuufiy, laqobnya adalah Al Muhajir, menceritakan padanya Dar Al Quthniy. Merupakan level ke empat kelanjutan dari wasthi dari tabiin.
Gurunya : Abu Rojak al Athoriy, Jabir bin Tsamroh, Ummu Salamah, dll
Muridnya : Faraj al Khajaaz, Mas’ur bin Kadam, Abdul Aziz bin Rofik dll.
Kredibilitas : Ibnu Hajar mengatakannya Tsiqah, begitu pula yahya bin muayan.
Sanad lain :
-1-
الاسم : عائشة بنت أبى بكر : الصديق التيمية ، أم المؤمنين ، أم عبد الله ( و أمها أم رومان بنت عامر بن عويمر بن عبد شمس بن عتاب )
الطبقة : 1 : صحابية
الوفاة : 57 هـ على الصحيح ، و قيل 58 هـ
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : صحابية ( قال ابن حجر : أم المؤمنين ، أفقه النساء مطلقا ، و أفضل أزواج النبى صلى الله عليه وسلم إلا خديجة )
رتبته عند الذهبي : صحابية ( قال : أم المؤمنين ، أفقه نساء الأمة ، و مناقبها جمة )
-2-
الاسم : عبد الله بن الزبير بن العوام القرشى الأسدى ، أبو بكر ، و يقال أبو خبيب ، ( و أمه أسماء بنت أبى بكر الصديق )
المولد : 1 هـ بـ المدينة
الطبقة : 1 : صحابى
الوفاة : 73 هـ بـ مكة
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : صحابى ( قال : كان أول مولود فى الإسلام بالمدينة من المهاجرين )
رتبته عند الذهبي : أمير المؤمنين
-3-
الاسم : عباد بن عبد الله بن الزبير بن العوام القرشى الأسدى المدنى ، ( والد يحيى بن عباد )
الطبقة : 3 : من الوسطى من التابعين
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة
رتبته عند الذهبي : كان كبير القدر
-4-
الاسم : هشام بن عروة بن الزبير بن العوام القرشى الأسدى ، أبو المنذر ، و قيل أبو عبد الله المدنى
الطبقة : 5 : من صغار التابعين
الوفاة : 145 أو 146 هـ
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة فقيه ربما دلس
رتبته عند الذهبي : أحد الأعلام ، قال أبو حاتم : ثقة إمام فى الحديث
Sanad lain
-1-
الاسم : عبد الله بن عباس بن عبد المطلب بن هاشم بن عبد مناف القرشى الهاشمى أبو العباس المدنى ( ابن عم رسول الله صلى الله عليه )
المولد : بـ الشعب
الطبقة : 1 : صحابى
الوفاة : 68 هـ بـ الطائف
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : صحابى
رتبته عند الذهبي : صحابى ( قال : ترجمان القرآن )
-2-
الاسم : جابر بن زيد الأزدى اليحمدى ، أبو الشعثاء الجوفى البصرى
الطبقة : 3 : من الوسطى من التابعين
الوفاة : 93 هـ و يقال 103 هـ
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة فقيه
رتبته عند الذهبي : الإمام
-3-
الاسم : قتادة بن دعامة بن قتادة ، و يقال قتادة بن دعامة بن عكابة ، السدوسى ، أبو الخطاب البصرى
المولد : 60 هـ أو 61 هـ
الطبقة : 4 : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 100 و بضع عشرة هـ بـ واسط
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت
رتبته عند الذهبي : الحافظ
-4-
الاسم : سعيد بن أبى عروبة : مهران العدوى ، أبو النضر ، اليشكرى مولاهم ، البصرى
الطبقة : 6 : من الذين عاصروا صغارالتابعين
الوفاة : 156 هـ و قيل 157 هـ
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة حافظ ، له تصانيف ، كثير التدليس ، و اختلط ، و كان من أثبت الناس فى قتادة
رتبته عند الذهبي : أحد الأعلام ، قال أحمد كان يحفظ لم يكن له كتاب ، و قال ابن معين هو من أثبتهم فى قتادة ، و قال أبو حاتم هو قبل أن يختلط ثقة
-5-
الاسم : عبد الأعلى بن عبد الأعلى بن محمد و قيل ابن شراحيل ، القرشى البصرى السامى ، أبو محمد ، و لقبه أبو همام
الطبقة : 8 : من الوسطى من أتباع التابعين
الوفاة : 189 هـ
روى له : خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة
رتبته عند الذهبي : ثقة ، لكنه قدرى
-6-
الاسم : يوسف بن حماد المعنى ، أبو يعقوب البصرى
الطبقة : 10 : كبارالآخذين عن تبع الأتباع
الوفاة : 245 هـ
روى له : م ت س ق ( مسلم - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : ثقة
رتبته عند الذهبي : لم يذكرها


رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم
عبد الله بن مسعود
عمران بن حصين
الحسن
قتادة
عبد الله بن محرر
أبو رجاء العطاردى
الدارقطنى
عائشة بنت أبى بكر
عبد الله بن الزبير
عباد بن عبد الله بن الزبير
هشام بن عروة بن الزبير
عبد الله بن عباس
جابر بن زيد
سعيد بن أبى عروبة
عبد الأعلى
يوسف بن حماد
الترمذى


5. I’tibar hadist
Berdasarkan data diatas hadist terputus pada Abdullah bin Muharrar, sehingga dari murid-murid beliau tidak ada yang sampai pada Daruquthniy. Sebab dari sanad tersebut sudah terputus. Oleh karena itu hadist ini termasuk hadist matruk sebab sebagian sanad adalah al ghofil (pelupa)[3] misalnya adalah Abdullah bin Muharrar, dan juga ada yang mengatakan marfu’ sebab jatuhnya sebagian sanad[4], yang mana terputus pada beliau juga Abdullah bin Muharrar.
Namun dilihat dari segi sanad yang lain, hadist tersebut bisa bisa naik derajatnya dari marfu’ menjadi hasan lighoiri dengan adanya sanad yang termasuk sahabat dan lebih dari tiga sahabat yang meriwayatkan hadist tersebut, misalnya sahabat Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Mas’ud, Abdullah bin Zubair, Imron bin Khushoini.
Dengan hadist pendukung yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, maka kedudukan atau penggunaan hadist ini sebagai hujjah bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga memang dalam sebuah pernikahan disyaratkan dengan adanya dua orang saksi.
6. Makna Ijmali
Dari hadist yang diriwayatkan oleh Daruquthniy tersebut diatas dapat dipahami bahwasannya dalam sebuah pernikahan bisa dianggab sah dan memenuhi persyaratan jika terdapat seorang wali dan dua orang saksi. Karena lazimnya saksi merupakan sebagai syarat sah dalam suatu pernikahan.[5] Namun Imam Maliki menganggab 2 saksi tersebut sebagai rukun nikah.[6]
7. Makna Tafshili
لانكاح : (tidak sah suatu pernikahan) La mempunyai tiga faedah, adakalanya la nahi, la zaidah, dan la nafi.[7] Sedangkan la pada hadist ini menunjukkan la yang berfaedah sebagai la nafi maknanya tidak. Dikarenakan setelah lafadz la merupakan jumlah ismiyah dalam arti terdapat mubtada’ dan khobar sehingga la ini beramal sebagaimana amal daripada ليس yaitu تنصب الاسم وترفع الخير menasabkan isimnya dan merofa’kan khobar laisa[8], khobarnya mahduf taqdiruhu maujuudun.
Kenafian tersebut menunjukkan keabasahan akad nikah dengan adanya wali dan dua orang saksi. لانكاح ini berkedudukan sebagai mustasna minhu yaitu yang dikecualikan. Di dalam ilmu balaghah kalimat hadist ini disebut al qoshru karena mengkhususkan suatu kejadian, yaitu nikah tidak sah kecuali adanya wali dan dua orang saksi.
الابولي وشاهدي : kecuali dengan adanya wali dan dua orang saksi. Illa merupakan adatul istisna’ بولي وشاهدي sebagai mustasna yaitu pengecualian dari mustasna minhu yaitu (La nikaha). Menurut Imam Asy Safi’i adanya saksi dalam pernikahan merupakan syarat sahnya sebuah akad nikah.[9]
عدل : dalam pernikahan tersebut seorang saksi diharuskan bersifat adil, adil berarti dapat membedakan antara yang baik dan yang benar, dapat menempatkan sesuatu pada tempatnya (wadh’u syai’ fi mahillihi).
8. Penjelasan Hadist
Definisi “syahid” atau saksi merupakan bentuk isim fa’il dari akar kata شهد (sya-hi-da) yang bermakna yang melihat sesuatu secara sempurna dan jelas.[10] Jadi syahidain (dua orang saksi) dalam teks hadis diatas mempunyai interpretasi bahwa dalam sebuah perkawinan harus dilihat secara sempurna dan jelas oleh minimal dua orang laki-laki. Adanya penafsiran bahwa saksi dalam nikah adalah laki-laki oleh karena berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abi Ubaid dari az-Zuhri, beliau berkata:
مضت السنة عن رسول الله صلي الله عليه وسام ان لايجوز شهدة النساء في الحدود ولافي النكاح ولافي الطلاق
Artinya: ”Sunnah Rasulullah yang berlaku adalah bahwa kesaksian wanita itu tidak diperbolehkan dalam hal pidana, perkawinan dan perceraian”.
Keberadaan saksi disini menyangkut aspek publisitas, yakni tidak mengabaikan kehidupan sosial disekitarnya dan saksi mempunyai arti penting yaitu sebagai alat bukti apabila ada pihak ketiga yang meragukan perkawinan tersebut. Juga mencegah pengingkaran oleh salah satu pihak. Bahkan Syaidina Umar bin Khattab menghukumi zina atas pernikahan yang tidak dihadiri saksi. Sebagaimana tercermin dalam kitab Muwatho Imam Malik, hadits dari Abu Zubair
و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ الْمَكِّيِّ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ أُتِيَ بِنِكَاحٍ لَمْ يَشْهَدْ عَلَيْهِ إِلَّا رَجُلٌ وَامْرَأَةٌ فَقَالَ هَذَا نِكَاحُ السِّرِّ وَلَا أُجِيزُهُ وَلَوْ كُنْتُ تَقَدَّمْتُ فِيهِ لَرَجَمْتُ
”Malik dalam Muwaththa’ dari Abi Zubair al-Makki. Bahwasanya pernah diajukan kepada Umar bin Khatab dihadapkan suatu pernikahan yang tidak disaksikan melainkan oleh seorang laki-laki dan seorang perempuan maka jawab Umar: ”Nikah ini adalah nikah sirri dan tidak diperbolehkan, seandainya saya menemuinya maka saya akan merajamnya”.
حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ حَمَّادٍ الْبَصْرِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى عَنْ سَعِيدٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ جَابِرِ بْنِ زَيْدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْبَغَايَا اللَّاتِي يُنْكِحْنَ أَنْفُسَهُنَّ بِغَيْرِ بَيِّنَةٍ (رواه الترمذي)
”Pelacur-pelacur adalah mereka yang menikahkan diri tanpa saksi”. (HR Tirmidzi dan ia menerangkan, bahwa tidak ada yang memarfu’kan hadits ini selain Abdul A’la dan bahwasanya ia benar-benar pernah memaukufkan suatu ketika, sedang yang mauquf itulah yang lebih sah dan tindakan Abd A’la itu tidak dicela sebab ia Tsiqah, sehingga diterima ketika ia memarfu’kan dan menambah. Dan bahwasanya seorang rawi itu kadang-kadang memarfu’kan hadits dan kadang-kadang memauqufkannya)
Kata ’adlin dalam kalimat ”syahidai ’adhlin” merupakan kata sifat dari kata syahid (saksi). Kaum muslimin sepakat bahwa adil adalah sifat yang harus melekat pada saksi. Sebagaimana Firman Allah ta’ala dalam QS Al-Baqarah: 282
   
”dari saksi-saksi yang kamu ridhai”
dilain ayat Allah juga berfirman dalam QS At-Tholaq: 
¬       
”dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu Karena Allah”.
Kemudian perlu dijelasakan terlebih dahulu, apakah yang dimaksud dengan adil itu sendiri. Adil berasal dari kata a’dala- ya’dilu – ’adalatan yang bermakna keadaan lurus, menurut suatu pendapat adil adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya. Jumhur ulama berpendapat yang dimaksud adil adalah:[11]
صفة زائدة على الاءسلام وهو ان يكون ملتزما لواجبات الشرع ومستحباته مجتنبا للمحرمات والمكروهات
Orang yang selalu taat beragama, senantiasa menjalankan perintah Allah. Tidak pernah melakukan dosa besar dan jarang melakukan dosa kecil.
9. Pendapat Ulama Tentang Saksi
Pada dasarnya kalangan ulama dari sahabat-sahabat Nabi pada periode awal berpendapat bahwa kesaksian dalam nikah adalah syarat. Mereka berkata tidak ada nikah tanpa adanya saksi. Tidak ada perbedaan pendapat dalam hal ini melainkan dari sebagian ulama mutaakhirin. Adapun perbedaan pandangan mereka dalam masalah ini ialah Apabila saksi itu terdiri dari seorang laki kemudian muncul seorang laki-laki sesudahnya. Dalam hal ini sebagian besar ulama kufah (Imam Hanafi)dan lain-lain berkata: ”tidak sah nikah sehingga disaksikan oleh dua orang saksi secara bersama-bersama pada waktu dilangsungkan akad nikah. Dan menurut sebagian Ulama Madinah (Imam Malik) boleh hadir seorang terlebih dahulu kemudian seorang lagi apabila telah diumumkan seblumnya. Menurut Ahmad dan Ishak boleh saksi itu terdiri dari satu orang laki-laki dan dua orang perempuan.
Ibnu Taymiyah berkata dalam al-Ikhtiyarat:
Nikah yang diumumkan (dihadiri orang banyak) adalah sah, meskipun secara formal tidak ada dua orang saksi. Adapun nikah dengan secara sembunyi-sembunyi dengan dihadiri dua orang saksi masih dipersoalkan kedudukan hukumnya. Kemudian apabila pernikahan itu diumumkan secara formal dan disaksikan oleh dua orang saksi maka tidak diperselihkan lagi tentang kesahaannya, lalu apabila tanpa saksi dan tanpa diumumkan maka jelas pernikahan itu batal menurut jumhur ulama.[12]
Disamping perbedaan pendapat diatas ulama juga berbeda pendapat seputar masalah kehadiran saksi dalam akad nikah, keadilan saksi ditinjau dari aspek dhohir dan batin serta kesaksian laki- laki.
Jumhur fuqoha ( Syafi’iyah, Hanabilah, Hanafiyah ) sepakat bahwa harus ada saksi dalam pernikahan dan saksi harus hadir dan menyaksikan akad nikah ( ijab – qobul ), sedangkan malikiyah berpandangan bahwa saksi harus ada, akan tetapi tidak harus hadir ketika akad melainkan hadir ketika dukhul ( bersenggama ) adapun kehadiran saksi dalam akad sifatnya hanya anjuran saja.
Dalan hal saksi bersifat adil, yaitu orang yang taat bergama, yakni orang yang menjalankan perintah Allah dan meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh agama. Syafi’iyah dan Hanabilah sepakat sifat adil seorang saksi adalah merupakan keharusan namun cukup dalam hal dhohir saja, sedangkan Malikiyah jika tidak ditemukan orang yang adil maka sah kesaksian orang yang tidak dikenal kualitas keadilannya. Kemudian dalam hal dimana saksi diharuskan laki-laki, jumhur fuqoha ( Syafi’iyah, Malikiyah, Hanabilah ) mereka sepakat dalam hal ini. Sedangkan Hanafiah, mereka berpendapat bahwa saksi tidak diharuskan laki-laki, maka sah kesaksian seorang laki-laki dan dua orang perempuan, tidak sah hanya perempuan saja tanpa adanya laki-laki bersama mereka. Menurut jumhur ulama ( Syafi’iyah, Hanabilah, Malikiyah) berpendapat bahwa orang yang dalam keadaan ihram tidak sah jadi saksi pernikahan, sedangkan menurut ulama hanafiyah sah akad nikah dengan kesaksian orang yang ihram.[13]
Daftar Pustaka
Abdur Rahman Al Jauziah, Kitab Al Fiqh Ala Mzdahibul Arba’ah (Beirut, Libanon: Darl Al Fikr, 1996)
Al Qurtubi, Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid, (Beirut, Libanon: Darul kutub ilmiyah, 1996)
Asy Syeikh Mushtofa al Ghodayaini, Jami’ul al Durus al ‘Arobiyah Juz I, Beirut: Darul Kutub al Ilmiyah
Faishal Ibnu Abdul Aziz, Nailul Author ( Kairo : Maktabah Salafiyah, 1374 H).
Ibrahim Anis, Mu’jam al-Wasith, materi syin-ha-dal.
Jamaluddin Abu Al Hujjaj Yusuf Al Mazzy, Tahdiib Al Kamal fi Asma Al Rizal Juz 13, Beirut: Dar Al Fikr, 1994
Jamaluddin Abu Al Hujjaj Yusuf Al Mazzy, Tahdiib Al Kamal fi Asma Al Rizal Juz 8, Beirut: Dar Al Fikr, 1994
M. Ujaj Al Khotib, Ushulul Hadist, Beirut: Dar Al Fikr, 2002
Sayyid Bakri, I’aanatut Thaalibiin Juz III, Semarang : Toha Putra, (t.t)
Slamet Abidin, Aminuddin. Fiqih Munakahah. Bandung : Pustaka Setia, 1999
Syeikh Mushtofa, Qowaaidu al Lughoh al ‘Arobiyah. (t.t : Mahfudhah, t.t.,)




________________________________________

[1] Jamaluddin Abu Al Hujjaj Yusuf Al Mazzy, Tahdiib Al Kamal fi Asma Al Rizal Juz 13, Beirut: Dar Al Fikr, 1994. hal.113
[2] Jamaluddin Abu Al Hujjaj Yusuf Al Mazzy, Tahdiib Al Kamal fi Asma Al Rizal Juz 8, Beirut: Dar Al Fikr, 1994. hal.126
[3] M. Ujaj Al Khotib, Ushulul Hadist, Beirut: Dar Al Fikr, 2002. hal.229
[4] Ibid., hal.234
[5] Slamet Abidin, Aminuddin. Fiqih Munakahah. Bandung : Pustaka Setia, 1999. hal.72
[6] Sayyid Bakri, I’aanatut Thaalibiin Juz III, Semarang : Toha Putra, (t.t), hal.274
[7] Syeikh Mushtofa, Qowaaidu al Lughoh al ‘Arobiyah. (t.t : Mahfudhah, t.t.,) hal.93
[8] الشيخ مصطفي الغداييني, جامع الدروس العربية, بيرت:دار الكتب العلمية جوز 1 . ص: 238
[9] Slamet Abidin, Op.Cit.
[10] Ibrahim Anis, Mu’jam al-Wasith, materi syin-ha-dal. h. 497
[11] Al Qurtubi, Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid, (Beirut, Libanon: Darul kutub ilmiyah, 1996) hal 211
[12] Faishal Ibnu Abdul Aziz, Nailul Author ( Kairo : Maktabah Salafiyah, 1374 H). Hal : 2171
[13] Abdur Rahman Al Jauziah, Kitab Al Fiqh Ala Mzdahibul Arba’ah (Beirut, Libanon: Darl Al Fikr, 1996) hal : 24-25

No comments:

Post a Comment