PENDAHULUAN
ada;lah perkataan suami sebagai berikut “saya preesaksikan kepada Allah bahwa saya benar terhadap tuduhan saya kepada isteri saya bahwa dia telah berzina”. Kalau ada anak yang diyakininya bukan anaknya, hendaklah telah diterangkan pula bahwa anak itu bukan anaknya, perkataan tersebut hendaklah di ulanginya empat kali, kemudian ditambahnya lagi dengan kalimat “laknat Allah akan menimpaku sekiranya aku dusta dalam tuduhan itu”.
Apabila seseorang menuduh orang lain berzina, sedangkan saksi yang cukup tidak ada, maka yang menuduh itu harus atau wajib di siksa (didera) 80 kali. Tetapi kalau yang menuduh itu suaminya sendiri, dia boleh lepas dari siksaan tersebut dengan jalan Li’an. Berarti suami yang menuduh isterinya berzina boleh memilih dua perkara, didera sebanyak 80 kali atau ia meli’an isterinya.
Dengan ini kami akan membahas hadits yang menjelaskan tentang li’an. Penjelasan tersebut akan dijelaskan dalam bab Pembahasan.
PEMBAHASAN
A. Teks Hadits Utama
Hadits yang menjelaskan tentang Li’an sangat banyak. Akan tetapi Penulis memilih Hadits Imam Bukhari sebagai Hadits utama dan mengambil Hadits-hadits lain seperti hadits#nya im#am m#uslim, Ibnu ma#jah, An-Nasa’I, Turmudzi, Ahmad, abu Daud sebagai Hadits pendukung.
Adapun Hadits Utama yang di maksud adalah sebagai berikut:
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلُ حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ - رضى الله عنه - أَنَّ رَجُلاً مِنَ الأَنْصَارِ قَذَفَ امْرَأَتَهُ فَأَحْلَفَهُمَا النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - ثُمَّ فَرَّقَ بَيْنَهُمَا .(رواه البخاري)
Artinya : “Dari Abdillah ra. Beliau bercerita bahwa seorang laki-laki dari Anshor menuduh Isterinya berzina (Qudhaf) maka Nabi menyuruh mereka berdua untuk bersumpah kemudian Nabi menceraikan mereka berdua.” (HR. Bukhari)
B. Mufradat
رجلا : Seorang laki-laki
قذف : Menuduh
امرأت : Isteri
اخلف : Bersumpah
فرق : Memisahkan
C. Makna Ijmali
Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari diatas menerangkan bahwa apabila seorang laki-laki (suami) menuduh isterinya berbuat zina, akan tetapi dia sendiri tidak dapat menghadirkan empat orang saksi yang menguatkan tuduhannya tersebut maka oleh Nabi di beri solusi dengan bersumpah yang diucapkan oleh suami empat kali, bahwa tuduhannya benar. Dan pada sumpah yang kelima ia harus meminta kutukan atau laknat dari Allah apa bila ia ternyata berdusta. Dan begitu juga dengan isteri pada sumpah balasan menyebutkan bahwa ia tidak berbuat demikian, sebagaimana yang dituduhkan oleh suaminya padanya dan kemudian pada sumpah yang kelima ia bersedia menerima kutukan (laknat) dari Allah apabila tuduhan suaminya ternyata benar dan Rasul dalam hadits ini menceraikan isteri tersebut setelah mengucapkan sumpah li’an.
D. Makna tafsili
أَنَّ رَجُلاً مِنَ الأَنْصَارِ (bahwa seorang laki-laki dari golongan anshor), lafadh رَجُلاً sebagai isimnya أَنَّ, sedangkan مِنَ الأَنْصَارِ sebagai khabarnya أَنَّ yang berbentuk sibhul jumlah. Maksudnya seorang laki-laki itu berasal dari keturunan Anshor.
قَذَفَ امْرَأَتَهُ (menuduh isterinya), disini menggunakan lafadz fiil madly dimana mneunjukkan perbuatan yang telah terjadi, maksudnya bahwa adanya sumpah Li’an itu setelah terjadinya qadaf terhadap isteri terlebih dahulu. Dimana dalam qadaf tersebut suami tidak dapat membuktikan tuduhannya dengan menghadirkan empat orang saksi dan tidak ada pengakuan dari isteri.
فَأَحْلَفَهُمَا النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم (maka rasul menyuruh keduanya bersumpah), Fa disini merupakan fa harfu athaf yang mana mempunyai makna Tartib Ittishal maksudnya adalah tidak ada tenggang waktu antara maktuf dan maktuf ‘laih yaitu antara qadaf dan sumpah. Sumpah yang di maksud disana adalah sumpah dari pihak suami dan isteri sebanyak empat kali dimana pada sumpah yang kelima suami meminta kutukan Allah jika ia berdusta dan begitu juga untuk isteri pada sumpah yang kelima ia bersedia menerima kutukan Allah jika tenyata tuduhan suaminya benar.
ثُمَّ فَرَّقَ بَيْنَهُمَا (kemudian Nabi menceraikan mereka berdua) kata merupakan harfu athaf yang menerangkan bahwa setelah terjadi sumpah li’an kedua suami isteri tersebut diceraikan oleh Nabi. Dari athaf tsumma menurut sebagian ulama’ fiqh yang mengatakan bahwa perceraian tidak langsung terjadi setelah mengucapkan sumpah li’an,akan tetapi jatuh setelah adanya putusan dari hakim. Meski demikian sebagian ulama’ lain berpendapat bahwa perceraian terjadi setelah sumpah li’an diucapkan.
E. Hadits Pendukung
Hadits pendukung merupakan hadits yang memiliki fungsi untuk menguatkan, menjelaskan dan mendukung hadits utama. Adapun hadits pendukung itu adalah antara lain:
1. Riwayat Ibnu Majah
حدثنا أحمد بن سنان . حدثنا عبد الرحمن بن مهدي عن مالك بن أنس عن نافع عن ابن عمر
: - أن رجلا لاعن امرأته وانتفى من ولدها . ففرق رسول الله صلى الله عليه و سلم بينهما . وألحق الولد بالمرأة .(رواه ابن ماجة)
قال الشيخ الألباني : صحيح
2. Riwayat Muslim
وَحَدَّثَنِيهِ عَلِىُّ بْنُ حُجْرٍ السَّعْدِىُّ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِى سُلَيْمَانَ قَالَ سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ قَالَ سُئِلْتُ عَنِ الْمُتَلاَعِنَيْنِ زَمَنَ مُصْعَبِ بْنِ الزُّبَيْرِ فَلَمْ أَدْرِ مَا أَقُولُ فَأَتَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ فَقُلْتُ أَرَأَيْتَ الْمُتَلاَعِنَيْنِ أَيُفَرَّقُ بَيْنَهُمَا ثُمَّ ذَكَرَ بِمِثْلِ حَدِيثِ ابْنِ نُمَيْرٍ.(رواه مسلم)
وَحَدَّثَنِى أَبُو الرَّبِيعِ الزَّهْرَانِىُّ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ فَرَّقَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَ أَخَوَىْ بَنِى الْعَجْلاَنِ وَقَالَ « اللَّهُ يَعْلَمُ أَنَّ أَحَدَكُمَا كَاذِبٌ فَهَلْ مِنْكُمَا تَائِبٌ ».(رواه مسلم)
وَحَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالاَ حَدَّثَنَا مَالِكٌ ح وَحَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى - وَاللَّفْظُ لَهُ - قَالَ قُلْتُ لِمَالِكٍ حَدَّثَكَ نَافِعٌ عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلاً لاَعَنَ امْرَأَتَهُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَفَرَّقَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَهُمَا وَأَلْحَقَ الْوَلَدَ بِأُمِّهِ قَالَ نَعَمْ. (رواه مسلم)
وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ ح وَحَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِى قَالاَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ لاَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ –صلى الله عليه وسلم- بَيْنَ رَجُلٍ مِنَ الأَنْصَارِ وَامْرَأَتِهِ وَفَرَّقَ بَيْنَهُمَا. (رواه مسلم)
حدثنا أحمد بن حنبل ثنا سفيان بن عيينة قال سمع عمرو سعيد بن جبير يقول سمعت ابن عمر يقول
3. Riwayat Abu Daud
: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم للمتلاعنين " حسابكما على الله أحدكما كاذب لا سبيل لك عليها " قال يارسول الله مالي قال " لا مال لك إن كنت صدقت عليها فهو بما استحللت من فرجها وإن كنت كذبت عليها فذلك أبعد لك " " .(ابو داود)
قال الشيخ الألباني : صحيح
حدثنا أحمد بن محمد بن حنبل ثنا إسماعيل ثنا أيوب عن سعيد بن جبير قال قلت لابن عمر
: رجل قذف امرأته قال فرق رسول الله صلى الله عليه و سلم بين أخوي بني العجلان وقال " الله يعلم أن أحدكما كاذب فهل منكما تائب ؟ " يرددها ثلاث مرات فأبيا ففرق بينهما . (ابو داود)
قال الشيخ الألباني : صحيح
حدثنا القعنبي عن مالك عن نافع عن ابن عمر
: أن رجلا لاعن امرأته في زمان رسول الله صلى الله عليه و سلم وانتفى من ولدها ففرق رسول الله صلى الله عليه و سلم بينهما وألحق الولد بالمرأة
[ قال أبو داود الذي تفرد به مالك قوله " وألحق الولد بالمرأة "
وقال يونس عن الزهري عن سهل بن سعد في حديث اللعان وأنكر حملها فكان ابنها يدعى إليها ] . (ابو داود)
قال الشيخ الألباني : صحيح
أنبأنا قتيبة أنبأنا مالك بن أنس عن نافع عن ابن عمر قال : لا عن رجل امرأته وفرق النبي صلى الله عليه و سلم بينهما وألحق الولد بالأم
قال أبو عيسى هذا حديث حسن صحيح والعمل على هذا عند أهل العلم. (ابو داود)
قال الشيخ الألباني : صحيح
باب اللعان في قذف الرجل زوجته برجل بعينه
- أخبرنا إسحاق بن إبراهيم قال أنبأنا عبد الأعلى قال سئل هشام عن الرجل يقذف امرأته فحدثنا هشام عن محمد قال : سألت أنس بن مالك عن ذلك وأنا أرى أن عنده من ذلك علما فقال إن هلال بن أمية قذف امرأته بشريك بن السحماء وكان أخو البراء بن مالك لأمه وكان أول من لاعن فلاعن رسول الله صلى الله عليه و سلم بينهما ثم قال أبصروه فإن جاءت به أبيض سبطا قضيء العينين فهو لهلال بن أمية وان جاءت به أكحل جعدا أحمش الساقين فهو لشريك بن السحماء قال فأنبئت أنها جاءت به أكحل جعدا أحمش الساقين (ابو داود)
قال الشيخ الألباني : صحيح
4. Imam An-Nasa’i
باب اللعان في قذف الرجل زوجته برجل بعينه
أخبرنا إسحاق بن إبراهيم قال أنبأنا عبد الأعلى قال سئل هشام عن الرجل يقذف امرأته فحدثنا هشام عن محمد قال : سألت أنس بن مالك عن ذلك وأنا أرى أن عنده من ذلك علما فقال إن هلال بن أمية قذف امرأته بشريك بن السحماء وكان أخو البراء بن مالك لأمه وكان أول من لاعن فلاعن رسول الله صلى الله عليه و سلم بينهما ثم قال أبصروه فإن جاءت به أبيض سبطا قضيء العينين فهو لهلال بن أمية وان جاءت به أكحل جعدا أحمش الساقين فهو لشريك بن السحماء قال فأنبئت أنها جاءت به أكحل جعدا أحمش الساقين
قال الشيخ الألباني : صحيح
باب نَفْىِ الْوَلَدِ بِاللِّعَانِ وَإِلْحَاقِهِ بِأُمِّهِ
أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ لاَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَ رَجُلٍ وَامْرَأَتِهِ وَفَرَّقَ بَيْنَهُمَا وَأَلْحَقَ الْوَلَدَ بِالأُمِّ.
5. At-Turmudzi
أَنْبَأَنَا قُتَيْبَةُ أَنْبَأَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ لاَعَنَ رَجُلٌ امْرَأَتَهُ وَفَرَّقَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَهُمَا وَأَلْحَقَ الْوَلَدَ بِالأُمِّ. قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَالْعَمَلُ عَلَى هَذَا عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ.
F. Kandungan Hadits
Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari ini menjelaskan seorang Laki-laki dari kaum Anshor yang mengqadzaf isterinya tanpa dapat membuktikan dengan mendatangkan empat orang saksi dan dari pihak isteri yang tertuduh tidak mengakuinya, maka Nabi menyuruh mereka untuk bersumpah dimana sumpah Li’an tersebut adalah untuk menghindari Had Qadzaf dan Had Zina bagi isteri. Dalilnya adalah Hadits yang diriwayatkan Bukhari dari Abbas ra. Tentang Hilal Ibn Umayah yang dalam sejarah Islam merupakan orang yang pertama melakukan Li’an dan Beliau mendatangi Rasul dan menceritakan tentang Qadzaf yang dilakukannya maka Rasul menjawab: البينة والا حد في ظهركselanjutnya Nabi diakhir Hadits ini menerangkan bahwa apabila Ayat tentang Li’an turun maka akan terjadi Had bagi suami dan isteri yang saling melaknat, Nabi bersabda:
لولا ما مضي من كتاب الله كان لي ولها شأن
Nabi pada Hadits ini memberkan konskuensi bagi suami isteri yang saling melaknat (sumpah yang kelima)untuk bercerai sebagaimana disebutkan dalam Hadits diatas dengan lafadh kemudian bagi mereka yang sudah bercerai maka tidak ada kesempatan untuk bersatu lagi maksudnya tidak ada akad baru lagi bagi mereka. Hal ini diperkuat dengan hadits nabi yang berbunyi:
عن ابن عباس ان النبي صلى الله عليه وسلم قال: المتلا عنان اذا تفرقا لا يجتمعان أبدا
Setelah suami isteri saling melaknat dan berpisah, tentunya keduanya sudah saling membenci, jadi harus pisah selamanya. Sebagaimana tujuan dari perkawinan adalah mencari ketentraman dan cinta kasih, sedang keduanya sudah tidak mendapatkan tujuan tersebut, maka hokum bagi kaduanya adalah dipisahkan selama-lamaya.
Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa mereka berdua telah gugur dari had. Sedang dalam li’an sendiri itu pasti ada salah satu pihak yang berbohong, kalau itu bukan isteri, pasti suami. Hal itu bukan berarti mereka bebas begitu saja. Secara duniawi mereka dibebaskan dari had, akan tetapi besok diakhirat akan di perhitungkan oleh Allah. Sebagaimana hadits yang berbunyi:
عن ابن عمر قال: قال النبي للمتلاعنين: حسابكما على الله احدكما كاذ ب لا سبيل لك عليها
G. Cara-Cara Sumpah Li’an
Kata Li’an menurut bahasa berasal dari kata Al-La’nu yang berarti menjauhkan. Sedang menurut istilah syara’, Li’an adalah tuduhan dengan mengangkat sumpah karena seorang suami menuduh isterinya berzina, tetapi dia tidak dapat mengajukan empat orang saksi.
Dalam praktik sumpah Li’an si Qaadzif bersumpah dalam masjid jami’ di atas mimbar serta di hadapan Hakim dan Jamah kaum Muslimin paling sedikit empat orang. Ucapan sumpah itu, seperti “saya bersaksi kepada Allah bahwa saya betul-betul orang jujur atas tuduhan yang di sampaikan kepada isteri saya yang tidak hadir yakni fulanah. jika isteri itu ikut hadir qaadzif hendaknya mengisyaratkan kepadanya, seperti perkataan “isteri saya yang ini (sambil menunjukkan)” apabila ada anak di hadapannya, dia harus menuturkannya dengan ucapan, “sesungguhnya, anak ini hasil berzina bukan dari hasil pernikahan denganku.” Disyaratkan mengucapkan kalimat ini empat kali. Pada ucapan yang kelima, harus dinyatakan bahwa kutukan Allah akan ditimpakan kepadanya jika tuduhannya tidak benar, misalnya dengan ucapan, “ dan saya berhak mendapat laknat Allah jika saya berbohong tentang apa yang saya tuduhkan bahwa wanita ini benar-benar berzina.”
Jika suaminya hadir, isteri itu harus mengucapkan li’an dengan ucapan “saya bersaksi kepada Allah bahwa orang ini (suami) sebagian dari golongan pembohong terhadap zina yang dituduhkan kepada saya.” Kata-kata ini diulang sampai empat kali, kemudian pada ucapan yang ke lima (setelah Hakim menasehati) si isteri mengucapkan “saya berhak mendapat laknat/siksa Allah jika suami saya benar-benar jujur atas tuduhan kepada saya sebagai pelaku zina.”
Asy-Syafi’I berkata dalam Bukunya (Al-Umm) bahwa jika laki-laki (suami) menuduh isterinya berzina dengan laki-laki yang dia ketahuinya maka suami juga harus menyebutkan nama si laki-laki tersebut dengan ucapan “ saya bersaksi dengan Allah bahwa saya benar mengenai tuduhan saya atas isteri saya yang berzina dengan si Fulan.”
Dalam praktik sumpah li’an terjadi perbedaan dalam pelafalan sumpah yang kelima, dimana laki-laki (suami) pada sumpah kelima tersebut mengucapkan kata “Laknat Allah” sedangkan si Wanita (isteri) mengucapkan kata “Ghadlab Allah”. Ini menunjukkan bahwa jawaban sumpah lebih tinggi kedudukannya daripada sumpah pertama. Karena dilihat dari segi bahasa kata ghadlab lebih tinggi derajatnya dari kata laknat.
Apabila suami tidak mau berli’an dan menolakkan li’an itu kepada isteri, di kenakan had atas suami dan diapun di pandang fasik. Pendapat ini di setujui oleh Malik dan Ahmad. Dalam hal ini Malik berkata “si suami dihukum sebagai seorang fasik sesudah hokum had di jatuhkan atas dirinnya (dijalankan). Berbeda dengan Abu Hanifah yang mengatakan tidak di jatuhkan had atas suaminya hanya di penjarakan saja, sehingga ia melakukan Li’an, atau sehingga ia mengakui kesalahannya.
Begitu juga apabila si Isteri menolak li’an hendaklah ia di had. Pendapat ini disepakati oleh Imam Malik namun berbeda degan pendapat Abu Hanifah dan Ahmad yang mengatakan bahwa “hendaklah isteri yang menolak li’an itu di penjarakan sehingga mau berli’an atau mengakui kesalahannya”.
Jika ada anak, maka anak diberikan kepada ibunya. Karena suami tidak memiliki hak sebagai bapaknya si anak. Hal ini berdasarkan hadits nabi yang di riwayatkan oleh Imam Muslim:
وَحَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالاَ حَدَّثَنَا مَالِكٌ ح وَحَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى - وَاللَّفْظُ لَهُ - قَالَ قُلْتُ لِمَالِكٍ حَدَّثَكَ نَافِعٌ عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلاً لاَعَنَ امْرَأَتَهُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَفَرَّقَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَهُمَا وَأَلْحَقَ الْوَلَدَ بِأُمِّهِ؟ قَالَ نَعَمْ. (رواه مسلم)
juga berdasarkan hadits Ibnu Majah (hadits ke 2069) dengan matan hadits yang berbeda:
حدثنا أحمد بن سنان . حدثنا عبد الرحمن بن مهدي عن مالك بن أنس عن نافع عن ابن عمر
: - أن رجلا لاعن امرأته وانتفى من ولدها . ففرق رسول الله صلى الله عليه و سلم بينهما . وألحق الولد بالمرأة .(رواه ابن ماجة)
قال الشيخ الألباني : صحيح
H. Silsilah Sanad
ngkat Sahabat
. Takhrij Hadits
Takhrij Hadits merupakan langkah atau cara yang diperlukan untuk mengetahui darajat keshahihan atau ketidak shahihan suatu hadits. Sanad dan matan hadits tersebut shahih atau tidak. Oleh karena itu, untuk mengetahui keshahihan hadits utama tentang li’an ini, maka dilakukan suatu takhrij. Salah satunya dengan cara mengetahui biografi para perawi hadits ini:
1. Abdullah
a. Riwayat : Namanya Abdullah, dengan nama kunyah Abu Salamah Ibn Abdul Rahman ibn Al-Auf Al-Qurasy Al-Zuhri. Dikatakan nama dan kunyah jadi satu, yakni Abu Salamah Abdullah ibn Abdul Rahman ibn Al-Auf. Bangsa Madinah. Dilahirkan sekitar 20-29 hijriah dan wafat pada 94 atau 104 hijriah di Madinah. Thabaqah 3 dari pertangahan era para tabi’in.
b. Guru : Anas bin Malik bin Al-Nadlari,Utsamah bin Zaid, Yasir bin Sa’id, Tsauban Maula Rasulullah SAW, dll.
c. Murid : Nafi’ abu abdillah al-madani maula Abdullah bin umar bin khathab, Ismail bin Umayah, Ja’far bin Rabi’ah, Kilab bin Ali, dll
d. kredibilitas : Ibnu Hajar mengatakan bahwa dia Tsiqqah Muktsar.
2. NAfi’
e. Riwayat : lengkapnya Nafi’ Abu Abdillah Al-Madani, dikatakan dia berasal dari barat, ada yang mengatakan dari daerah Naisabur dan ada yang mengtakan tidak dari keduanya. Wafat pada 117 hijriah/sesudah itu. Beliau Thabaqah 3 dari Pertengahan Era Golongan Tabiin.
f. Guru : Abu Salamah bin Abdul Rahman bin Auf (Abdullah), Abu Said Al-Khdryi, Abu Hurairah, Aisyah (isteri Nabi), Ummu Salamah (isteri Nabi), Abdullah bin Umar (tuannya), dll.
g. Murid : Juwairiyah bin asma’, Ibrahim bin Said Al-Madani, Ibrahim bin Abdul Rahman, Utsamah bin Zaid bin Aslam, Jarir bin Hazim, dll
h. Kredibilitas : menurut Ibnu Hajar beliau masyhur sebagai orang yang Tsiqqah dalam bidang fiqh. Sedang menurut Al-Dzihbi termasuk Imam para Tabi’in dan paling Alim diantara mereka.
3. Juwairiyah
a. Riwayat : nama lengkapnya Juwairiyah Bin Asma’ Bin Ubaid Bin Mukhariq Al-Dlib’i, di katakan kunyahnya Abu Asma’ Al-Bashori. Beliau termasuk Thabaqah 7 dari golongan pembesar Tabi’i At-Tabi’in. wafat pada 173 Hijriah.
b. Guru : Nafi’ Abu Abdillah Al-Madani, Al-Walid bin Hisyam, Musafi’ bin Syaibah, Abdullah bin Muawiyah Al-Hasyimi, dll
c. Murid : Abu Salamah Musa bin Islamil al-Munqariy, Said bin Amir Al-Dib’i, Abdullah bin Muhammad bin Asma’ Yahya bin Himad, Yazid bin Harun, dll
d. Kredibilitas : Ibnu Hajar menilai beliau Shuduq sedang al-Dzihbi mengatakan Juwairiyah termasuk orang yang Tsiqqah.
4. Musa bin Ismail
a. Riwayat : lengkapnya adalah Musa bin Ismail Al-Munqari. Kunyahnya Abu Salamah. Beliau Thabaqah 9 dari golongan para Tabi’i at-Tabi’in yang kecil. Wafat pada 223 Hijriah di Bashrah.
b. Guru : juwairiyah bin asma’, Jarir bin Hazim, Ismail al-Munqari (ayahnya), Himad bin Zaid, Himad bin Salamah, Sulaiman bin Mughirah, dll
c. Murid : Imam Bukhari, Abu Daud, Ahmad bin Hasan At-Turmudzi, Abu Bakar Ahmad bin Umar bin Abi ‘Ashim al-Nabil (cucunya), dll
d. Kredibilitas : menurut Ibnu Hajar beliau orang yang Tsiqqah, sedang al-Dzihbi menilai beliau bukan hanya Tsiqqah tapi juga Hafidh.
5. Imam Bukhari
a. Riwayat : Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah Al-Ja’fa, beliau di lahirkan pada 194 Hijriah di tanah Bukhoro. Thabaqah 11 dan wafat di salah satu tempat di samarqandi pada 256 hijriah. Bapaknya termasuk imam hadits yang terkenal. Beliau (bukhari) terkenal dengan orang yang sangat cerdas dan aqalnya yang kuat pernah di coba oleh para Imam Hadits yang lain dengan menyebutkan Hadits secara tidak urut (Acak) dan beliau bisa membenarkan Hadits tersebut. Sebelum menulis Hadits beliau selalu melakukan wadlu’ terlebih dahulu dan shalat dua rakaat lalu menulis.
b. Guru : Musa bin Ismail Al-Munqari. Kunyahnya Abu Salamah, Ibrahim Bin Hamzah Al-Zubairi, Ayub Bin Sulaiman Bin Bilal, Ahmad bin Hanbal, dll
c. Murid : Imam Turmudzi, Ahid bin Abi Ja’far (wali Imam Bukhari), al-Husain bin Ismail Al-Muhamili (orang terakhir yang meriwayatkan haditsnya Bukhari di Baghdad), dll
d. Kredibilitas : menurut Ibnu Hajar beliau adalah Imam Hadits
J. I’tibar Hadits
Dari Data diatas dapat disimpulkan bahwa Hadits utama diatas adalah Hadits Shahih di lihat dari segi Matan karena tidak ada pertentangan dengan Matan Hadits lain yang redaksinya hampir sama, dan maksud isi dari Hadits ini juga tidak bertentangan dengan ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang Li’an.
Sedang dari segi Sanad, Hadits ini ditulis dengan Sanad yang tidak sampai pada Rasulullah SAW. Hanya berhenti sampai pada tingkat Tabi’in. melihat di maktabah syamilah bahwa diketahui Guru dari Abdullah yakni Anas bin Malik bin Nadlri bin Dlamdlam. Sedang Malik sendiri adalah salah seorang Sahabat Rasulullah SAW yang sudah barang tentu bertemu langsung dengan Rasulullah dan mendengar langsung hadits yang di sampaikan oleh Nabi. Anas bin Malik ini wafat pada 92/93 Hijriah. Selain Rasulullah, guru-gurunya yang lain seperti Zaid bin Tsabit, Zaid bin Arqom, Abdullah bin Abbas. Zaid bin Tsabit merupakan sekretaris Rasulullah dan masih banyak lagi guru-guru Anas bin Malik yang tidak mungkin disebutkan semuanya.
Imam Bukhari mengatakan bahwa Abu Salamah terputus dari sahabat Umar ra. Sedang Ibnu Bathal mengatakan dia (Abdullah) tidak mendengar Hadits dari Umar dan Ibnu Umayah. Dikatakan juga dia tidak mendengar dari Utsman. Putusnya sanad pada tingkat sahabat ini tidak jelas keterangannya, banyak beda pendapat. Akhhirnya “Wallahu A’lam” hanya Allah yang lebih tahu.
Jadi, setelah dillihat secara seksama Hadits utama yang di riwayatkan Bukhari ini dapat di jadikan sebagai dasar Li’an dari segi Matannya.
K. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa:
1. Hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari adalah Hadits Shahih dari segi Matan dan dapat di jadikan Hujjah.
2. Suami isteri yang melakukan sumpah Li’an cerai atau pisah selamanya.
3. Jika ada anak, maka anak di serahkan kepada Ibunya/isteri yang di Li’an tersebut karena suami tidak berhak atas anak itu.
4. Li’an dilakukan dengan cara-cara yang telah di tentukan.
5. Isteri di siksa jika si suami benar mengenai sumpah yang di tuduhkan kepada isterinya. Begitu juga sebaliknya suami di siksa jika isteri terbukti telah benar dan tuduhan suaminya merupakan tuduhan yang tidak benar.
DAFTAR PUSTAKA
Asy-Syafi’I (terjemah: Ismail Yakub dkk), Al-Umm jilid IX, Jakarta: C.V Faizan
Hasbi Ash-Shidiqi, Hukum-Hukum Fiqh Islam, 1952, Jakarta: Bulan Bintang
Maktabah Syamilah, Shahih Muslim Hadits no 1494
Muhammad Syathu Ad-Dimyathi, fathul Mu’in, Juz
Sulaiman Rasyid, Fiqh Islam,2007, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Syeh Muhammad bin qasim Al-ghizi (alih bahasa: Ibnu Zuhri), Fathul Qarib, 1995, Bandung: Trigenda Karya
ada;lah perkataan suami sebagai berikut “saya preesaksikan kepada Allah bahwa saya benar terhadap tuduhan saya kepada isteri saya bahwa dia telah berzina”. Kalau ada anak yang diyakininya bukan anaknya, hendaklah telah diterangkan pula bahwa anak itu bukan anaknya, perkataan tersebut hendaklah di ulanginya empat kali, kemudian ditambahnya lagi dengan kalimat “laknat Allah akan menimpaku sekiranya aku dusta dalam tuduhan itu”.
Apabila seseorang menuduh orang lain berzina, sedangkan saksi yang cukup tidak ada, maka yang menuduh itu harus atau wajib di siksa (didera) 80 kali. Tetapi kalau yang menuduh itu suaminya sendiri, dia boleh lepas dari siksaan tersebut dengan jalan Li’an. Berarti suami yang menuduh isterinya berzina boleh memilih dua perkara, didera sebanyak 80 kali atau ia meli’an isterinya.
Dengan ini kami akan membahas hadits yang menjelaskan tentang li’an. Penjelasan tersebut akan dijelaskan dalam bab Pembahasan.
PEMBAHASAN
A. Teks Hadits Utama
Hadits yang menjelaskan tentang Li’an sangat banyak. Akan tetapi Penulis memilih Hadits Imam Bukhari sebagai Hadits utama dan mengambil Hadits-hadits lain seperti hadits#nya im#am m#uslim, Ibnu ma#jah, An-Nasa’I, Turmudzi, Ahmad, abu Daud sebagai Hadits pendukung.
Adapun Hadits Utama yang di maksud adalah sebagai berikut:
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلُ حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ - رضى الله عنه - أَنَّ رَجُلاً مِنَ الأَنْصَارِ قَذَفَ امْرَأَتَهُ فَأَحْلَفَهُمَا النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - ثُمَّ فَرَّقَ بَيْنَهُمَا .(رواه البخاري)
Artinya : “Dari Abdillah ra. Beliau bercerita bahwa seorang laki-laki dari Anshor menuduh Isterinya berzina (Qudhaf) maka Nabi menyuruh mereka berdua untuk bersumpah kemudian Nabi menceraikan mereka berdua.” (HR. Bukhari)
B. Mufradat
رجلا : Seorang laki-laki
قذف : Menuduh
امرأت : Isteri
اخلف : Bersumpah
فرق : Memisahkan
C. Makna Ijmali
Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari diatas menerangkan bahwa apabila seorang laki-laki (suami) menuduh isterinya berbuat zina, akan tetapi dia sendiri tidak dapat menghadirkan empat orang saksi yang menguatkan tuduhannya tersebut maka oleh Nabi di beri solusi dengan bersumpah yang diucapkan oleh suami empat kali, bahwa tuduhannya benar. Dan pada sumpah yang kelima ia harus meminta kutukan atau laknat dari Allah apa bila ia ternyata berdusta. Dan begitu juga dengan isteri pada sumpah balasan menyebutkan bahwa ia tidak berbuat demikian, sebagaimana yang dituduhkan oleh suaminya padanya dan kemudian pada sumpah yang kelima ia bersedia menerima kutukan (laknat) dari Allah apabila tuduhan suaminya ternyata benar dan Rasul dalam hadits ini menceraikan isteri tersebut setelah mengucapkan sumpah li’an.
D. Makna tafsili
أَنَّ رَجُلاً مِنَ الأَنْصَارِ (bahwa seorang laki-laki dari golongan anshor), lafadh رَجُلاً sebagai isimnya أَنَّ, sedangkan مِنَ الأَنْصَارِ sebagai khabarnya أَنَّ yang berbentuk sibhul jumlah. Maksudnya seorang laki-laki itu berasal dari keturunan Anshor.
قَذَفَ امْرَأَتَهُ (menuduh isterinya), disini menggunakan lafadz fiil madly dimana mneunjukkan perbuatan yang telah terjadi, maksudnya bahwa adanya sumpah Li’an itu setelah terjadinya qadaf terhadap isteri terlebih dahulu. Dimana dalam qadaf tersebut suami tidak dapat membuktikan tuduhannya dengan menghadirkan empat orang saksi dan tidak ada pengakuan dari isteri.
فَأَحْلَفَهُمَا النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم (maka rasul menyuruh keduanya bersumpah), Fa disini merupakan fa harfu athaf yang mana mempunyai makna Tartib Ittishal maksudnya adalah tidak ada tenggang waktu antara maktuf dan maktuf ‘laih yaitu antara qadaf dan sumpah. Sumpah yang di maksud disana adalah sumpah dari pihak suami dan isteri sebanyak empat kali dimana pada sumpah yang kelima suami meminta kutukan Allah jika ia berdusta dan begitu juga untuk isteri pada sumpah yang kelima ia bersedia menerima kutukan Allah jika tenyata tuduhan suaminya benar.
ثُمَّ فَرَّقَ بَيْنَهُمَا (kemudian Nabi menceraikan mereka berdua) kata merupakan harfu athaf yang menerangkan bahwa setelah terjadi sumpah li’an kedua suami isteri tersebut diceraikan oleh Nabi. Dari athaf tsumma menurut sebagian ulama’ fiqh yang mengatakan bahwa perceraian tidak langsung terjadi setelah mengucapkan sumpah li’an,akan tetapi jatuh setelah adanya putusan dari hakim. Meski demikian sebagian ulama’ lain berpendapat bahwa perceraian terjadi setelah sumpah li’an diucapkan.
E. Hadits Pendukung
Hadits pendukung merupakan hadits yang memiliki fungsi untuk menguatkan, menjelaskan dan mendukung hadits utama. Adapun hadits pendukung itu adalah antara lain:
1. Riwayat Ibnu Majah
حدثنا أحمد بن سنان . حدثنا عبد الرحمن بن مهدي عن مالك بن أنس عن نافع عن ابن عمر
: - أن رجلا لاعن امرأته وانتفى من ولدها . ففرق رسول الله صلى الله عليه و سلم بينهما . وألحق الولد بالمرأة .(رواه ابن ماجة)
قال الشيخ الألباني : صحيح
2. Riwayat Muslim
وَحَدَّثَنِيهِ عَلِىُّ بْنُ حُجْرٍ السَّعْدِىُّ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِى سُلَيْمَانَ قَالَ سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ قَالَ سُئِلْتُ عَنِ الْمُتَلاَعِنَيْنِ زَمَنَ مُصْعَبِ بْنِ الزُّبَيْرِ فَلَمْ أَدْرِ مَا أَقُولُ فَأَتَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ فَقُلْتُ أَرَأَيْتَ الْمُتَلاَعِنَيْنِ أَيُفَرَّقُ بَيْنَهُمَا ثُمَّ ذَكَرَ بِمِثْلِ حَدِيثِ ابْنِ نُمَيْرٍ.(رواه مسلم)
وَحَدَّثَنِى أَبُو الرَّبِيعِ الزَّهْرَانِىُّ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ فَرَّقَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَ أَخَوَىْ بَنِى الْعَجْلاَنِ وَقَالَ « اللَّهُ يَعْلَمُ أَنَّ أَحَدَكُمَا كَاذِبٌ فَهَلْ مِنْكُمَا تَائِبٌ ».(رواه مسلم)
وَحَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالاَ حَدَّثَنَا مَالِكٌ ح وَحَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى - وَاللَّفْظُ لَهُ - قَالَ قُلْتُ لِمَالِكٍ حَدَّثَكَ نَافِعٌ عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلاً لاَعَنَ امْرَأَتَهُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَفَرَّقَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَهُمَا وَأَلْحَقَ الْوَلَدَ بِأُمِّهِ قَالَ نَعَمْ. (رواه مسلم)
وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ ح وَحَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِى قَالاَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ لاَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ –صلى الله عليه وسلم- بَيْنَ رَجُلٍ مِنَ الأَنْصَارِ وَامْرَأَتِهِ وَفَرَّقَ بَيْنَهُمَا. (رواه مسلم)
حدثنا أحمد بن حنبل ثنا سفيان بن عيينة قال سمع عمرو سعيد بن جبير يقول سمعت ابن عمر يقول
3. Riwayat Abu Daud
: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم للمتلاعنين " حسابكما على الله أحدكما كاذب لا سبيل لك عليها " قال يارسول الله مالي قال " لا مال لك إن كنت صدقت عليها فهو بما استحللت من فرجها وإن كنت كذبت عليها فذلك أبعد لك " " .(ابو داود)
قال الشيخ الألباني : صحيح
حدثنا أحمد بن محمد بن حنبل ثنا إسماعيل ثنا أيوب عن سعيد بن جبير قال قلت لابن عمر
: رجل قذف امرأته قال فرق رسول الله صلى الله عليه و سلم بين أخوي بني العجلان وقال " الله يعلم أن أحدكما كاذب فهل منكما تائب ؟ " يرددها ثلاث مرات فأبيا ففرق بينهما . (ابو داود)
قال الشيخ الألباني : صحيح
حدثنا القعنبي عن مالك عن نافع عن ابن عمر
: أن رجلا لاعن امرأته في زمان رسول الله صلى الله عليه و سلم وانتفى من ولدها ففرق رسول الله صلى الله عليه و سلم بينهما وألحق الولد بالمرأة
[ قال أبو داود الذي تفرد به مالك قوله " وألحق الولد بالمرأة "
وقال يونس عن الزهري عن سهل بن سعد في حديث اللعان وأنكر حملها فكان ابنها يدعى إليها ] . (ابو داود)
قال الشيخ الألباني : صحيح
أنبأنا قتيبة أنبأنا مالك بن أنس عن نافع عن ابن عمر قال : لا عن رجل امرأته وفرق النبي صلى الله عليه و سلم بينهما وألحق الولد بالأم
قال أبو عيسى هذا حديث حسن صحيح والعمل على هذا عند أهل العلم. (ابو داود)
قال الشيخ الألباني : صحيح
باب اللعان في قذف الرجل زوجته برجل بعينه
- أخبرنا إسحاق بن إبراهيم قال أنبأنا عبد الأعلى قال سئل هشام عن الرجل يقذف امرأته فحدثنا هشام عن محمد قال : سألت أنس بن مالك عن ذلك وأنا أرى أن عنده من ذلك علما فقال إن هلال بن أمية قذف امرأته بشريك بن السحماء وكان أخو البراء بن مالك لأمه وكان أول من لاعن فلاعن رسول الله صلى الله عليه و سلم بينهما ثم قال أبصروه فإن جاءت به أبيض سبطا قضيء العينين فهو لهلال بن أمية وان جاءت به أكحل جعدا أحمش الساقين فهو لشريك بن السحماء قال فأنبئت أنها جاءت به أكحل جعدا أحمش الساقين (ابو داود)
قال الشيخ الألباني : صحيح
4. Imam An-Nasa’i
باب اللعان في قذف الرجل زوجته برجل بعينه
أخبرنا إسحاق بن إبراهيم قال أنبأنا عبد الأعلى قال سئل هشام عن الرجل يقذف امرأته فحدثنا هشام عن محمد قال : سألت أنس بن مالك عن ذلك وأنا أرى أن عنده من ذلك علما فقال إن هلال بن أمية قذف امرأته بشريك بن السحماء وكان أخو البراء بن مالك لأمه وكان أول من لاعن فلاعن رسول الله صلى الله عليه و سلم بينهما ثم قال أبصروه فإن جاءت به أبيض سبطا قضيء العينين فهو لهلال بن أمية وان جاءت به أكحل جعدا أحمش الساقين فهو لشريك بن السحماء قال فأنبئت أنها جاءت به أكحل جعدا أحمش الساقين
قال الشيخ الألباني : صحيح
باب نَفْىِ الْوَلَدِ بِاللِّعَانِ وَإِلْحَاقِهِ بِأُمِّهِ
أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ لاَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَ رَجُلٍ وَامْرَأَتِهِ وَفَرَّقَ بَيْنَهُمَا وَأَلْحَقَ الْوَلَدَ بِالأُمِّ.
5. At-Turmudzi
أَنْبَأَنَا قُتَيْبَةُ أَنْبَأَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ لاَعَنَ رَجُلٌ امْرَأَتَهُ وَفَرَّقَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَهُمَا وَأَلْحَقَ الْوَلَدَ بِالأُمِّ. قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَالْعَمَلُ عَلَى هَذَا عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ.
F. Kandungan Hadits
Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari ini menjelaskan seorang Laki-laki dari kaum Anshor yang mengqadzaf isterinya tanpa dapat membuktikan dengan mendatangkan empat orang saksi dan dari pihak isteri yang tertuduh tidak mengakuinya, maka Nabi menyuruh mereka untuk bersumpah dimana sumpah Li’an tersebut adalah untuk menghindari Had Qadzaf dan Had Zina bagi isteri. Dalilnya adalah Hadits yang diriwayatkan Bukhari dari Abbas ra. Tentang Hilal Ibn Umayah yang dalam sejarah Islam merupakan orang yang pertama melakukan Li’an dan Beliau mendatangi Rasul dan menceritakan tentang Qadzaf yang dilakukannya maka Rasul menjawab: البينة والا حد في ظهركselanjutnya Nabi diakhir Hadits ini menerangkan bahwa apabila Ayat tentang Li’an turun maka akan terjadi Had bagi suami dan isteri yang saling melaknat, Nabi bersabda:
لولا ما مضي من كتاب الله كان لي ولها شأن
Nabi pada Hadits ini memberkan konskuensi bagi suami isteri yang saling melaknat (sumpah yang kelima)untuk bercerai sebagaimana disebutkan dalam Hadits diatas dengan lafadh kemudian bagi mereka yang sudah bercerai maka tidak ada kesempatan untuk bersatu lagi maksudnya tidak ada akad baru lagi bagi mereka. Hal ini diperkuat dengan hadits nabi yang berbunyi:
عن ابن عباس ان النبي صلى الله عليه وسلم قال: المتلا عنان اذا تفرقا لا يجتمعان أبدا
Setelah suami isteri saling melaknat dan berpisah, tentunya keduanya sudah saling membenci, jadi harus pisah selamanya. Sebagaimana tujuan dari perkawinan adalah mencari ketentraman dan cinta kasih, sedang keduanya sudah tidak mendapatkan tujuan tersebut, maka hokum bagi kaduanya adalah dipisahkan selama-lamaya.
Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa mereka berdua telah gugur dari had. Sedang dalam li’an sendiri itu pasti ada salah satu pihak yang berbohong, kalau itu bukan isteri, pasti suami. Hal itu bukan berarti mereka bebas begitu saja. Secara duniawi mereka dibebaskan dari had, akan tetapi besok diakhirat akan di perhitungkan oleh Allah. Sebagaimana hadits yang berbunyi:
عن ابن عمر قال: قال النبي للمتلاعنين: حسابكما على الله احدكما كاذ ب لا سبيل لك عليها
G. Cara-Cara Sumpah Li’an
Kata Li’an menurut bahasa berasal dari kata Al-La’nu yang berarti menjauhkan. Sedang menurut istilah syara’, Li’an adalah tuduhan dengan mengangkat sumpah karena seorang suami menuduh isterinya berzina, tetapi dia tidak dapat mengajukan empat orang saksi.
Dalam praktik sumpah Li’an si Qaadzif bersumpah dalam masjid jami’ di atas mimbar serta di hadapan Hakim dan Jamah kaum Muslimin paling sedikit empat orang. Ucapan sumpah itu, seperti “saya bersaksi kepada Allah bahwa saya betul-betul orang jujur atas tuduhan yang di sampaikan kepada isteri saya yang tidak hadir yakni fulanah. jika isteri itu ikut hadir qaadzif hendaknya mengisyaratkan kepadanya, seperti perkataan “isteri saya yang ini (sambil menunjukkan)” apabila ada anak di hadapannya, dia harus menuturkannya dengan ucapan, “sesungguhnya, anak ini hasil berzina bukan dari hasil pernikahan denganku.” Disyaratkan mengucapkan kalimat ini empat kali. Pada ucapan yang kelima, harus dinyatakan bahwa kutukan Allah akan ditimpakan kepadanya jika tuduhannya tidak benar, misalnya dengan ucapan, “ dan saya berhak mendapat laknat Allah jika saya berbohong tentang apa yang saya tuduhkan bahwa wanita ini benar-benar berzina.”
Jika suaminya hadir, isteri itu harus mengucapkan li’an dengan ucapan “saya bersaksi kepada Allah bahwa orang ini (suami) sebagian dari golongan pembohong terhadap zina yang dituduhkan kepada saya.” Kata-kata ini diulang sampai empat kali, kemudian pada ucapan yang ke lima (setelah Hakim menasehati) si isteri mengucapkan “saya berhak mendapat laknat/siksa Allah jika suami saya benar-benar jujur atas tuduhan kepada saya sebagai pelaku zina.”
Asy-Syafi’I berkata dalam Bukunya (Al-Umm) bahwa jika laki-laki (suami) menuduh isterinya berzina dengan laki-laki yang dia ketahuinya maka suami juga harus menyebutkan nama si laki-laki tersebut dengan ucapan “ saya bersaksi dengan Allah bahwa saya benar mengenai tuduhan saya atas isteri saya yang berzina dengan si Fulan.”
Dalam praktik sumpah li’an terjadi perbedaan dalam pelafalan sumpah yang kelima, dimana laki-laki (suami) pada sumpah kelima tersebut mengucapkan kata “Laknat Allah” sedangkan si Wanita (isteri) mengucapkan kata “Ghadlab Allah”. Ini menunjukkan bahwa jawaban sumpah lebih tinggi kedudukannya daripada sumpah pertama. Karena dilihat dari segi bahasa kata ghadlab lebih tinggi derajatnya dari kata laknat.
Apabila suami tidak mau berli’an dan menolakkan li’an itu kepada isteri, di kenakan had atas suami dan diapun di pandang fasik. Pendapat ini di setujui oleh Malik dan Ahmad. Dalam hal ini Malik berkata “si suami dihukum sebagai seorang fasik sesudah hokum had di jatuhkan atas dirinnya (dijalankan). Berbeda dengan Abu Hanifah yang mengatakan tidak di jatuhkan had atas suaminya hanya di penjarakan saja, sehingga ia melakukan Li’an, atau sehingga ia mengakui kesalahannya.
Begitu juga apabila si Isteri menolak li’an hendaklah ia di had. Pendapat ini disepakati oleh Imam Malik namun berbeda degan pendapat Abu Hanifah dan Ahmad yang mengatakan bahwa “hendaklah isteri yang menolak li’an itu di penjarakan sehingga mau berli’an atau mengakui kesalahannya”.
Jika ada anak, maka anak diberikan kepada ibunya. Karena suami tidak memiliki hak sebagai bapaknya si anak. Hal ini berdasarkan hadits nabi yang di riwayatkan oleh Imam Muslim:
وَحَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالاَ حَدَّثَنَا مَالِكٌ ح وَحَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى - وَاللَّفْظُ لَهُ - قَالَ قُلْتُ لِمَالِكٍ حَدَّثَكَ نَافِعٌ عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلاً لاَعَنَ امْرَأَتَهُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَفَرَّقَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَهُمَا وَأَلْحَقَ الْوَلَدَ بِأُمِّهِ؟ قَالَ نَعَمْ. (رواه مسلم)
juga berdasarkan hadits Ibnu Majah (hadits ke 2069) dengan matan hadits yang berbeda:
حدثنا أحمد بن سنان . حدثنا عبد الرحمن بن مهدي عن مالك بن أنس عن نافع عن ابن عمر
: - أن رجلا لاعن امرأته وانتفى من ولدها . ففرق رسول الله صلى الله عليه و سلم بينهما . وألحق الولد بالمرأة .(رواه ابن ماجة)
قال الشيخ الألباني : صحيح
H. Silsilah Sanad
ngkat Sahabat
. Takhrij Hadits
Takhrij Hadits merupakan langkah atau cara yang diperlukan untuk mengetahui darajat keshahihan atau ketidak shahihan suatu hadits. Sanad dan matan hadits tersebut shahih atau tidak. Oleh karena itu, untuk mengetahui keshahihan hadits utama tentang li’an ini, maka dilakukan suatu takhrij. Salah satunya dengan cara mengetahui biografi para perawi hadits ini:
1. Abdullah
a. Riwayat : Namanya Abdullah, dengan nama kunyah Abu Salamah Ibn Abdul Rahman ibn Al-Auf Al-Qurasy Al-Zuhri. Dikatakan nama dan kunyah jadi satu, yakni Abu Salamah Abdullah ibn Abdul Rahman ibn Al-Auf. Bangsa Madinah. Dilahirkan sekitar 20-29 hijriah dan wafat pada 94 atau 104 hijriah di Madinah. Thabaqah 3 dari pertangahan era para tabi’in.
b. Guru : Anas bin Malik bin Al-Nadlari,Utsamah bin Zaid, Yasir bin Sa’id, Tsauban Maula Rasulullah SAW, dll.
c. Murid : Nafi’ abu abdillah al-madani maula Abdullah bin umar bin khathab, Ismail bin Umayah, Ja’far bin Rabi’ah, Kilab bin Ali, dll
d. kredibilitas : Ibnu Hajar mengatakan bahwa dia Tsiqqah Muktsar.
2. NAfi’
e. Riwayat : lengkapnya Nafi’ Abu Abdillah Al-Madani, dikatakan dia berasal dari barat, ada yang mengatakan dari daerah Naisabur dan ada yang mengtakan tidak dari keduanya. Wafat pada 117 hijriah/sesudah itu. Beliau Thabaqah 3 dari Pertengahan Era Golongan Tabiin.
f. Guru : Abu Salamah bin Abdul Rahman bin Auf (Abdullah), Abu Said Al-Khdryi, Abu Hurairah, Aisyah (isteri Nabi), Ummu Salamah (isteri Nabi), Abdullah bin Umar (tuannya), dll.
g. Murid : Juwairiyah bin asma’, Ibrahim bin Said Al-Madani, Ibrahim bin Abdul Rahman, Utsamah bin Zaid bin Aslam, Jarir bin Hazim, dll
h. Kredibilitas : menurut Ibnu Hajar beliau masyhur sebagai orang yang Tsiqqah dalam bidang fiqh. Sedang menurut Al-Dzihbi termasuk Imam para Tabi’in dan paling Alim diantara mereka.
3. Juwairiyah
a. Riwayat : nama lengkapnya Juwairiyah Bin Asma’ Bin Ubaid Bin Mukhariq Al-Dlib’i, di katakan kunyahnya Abu Asma’ Al-Bashori. Beliau termasuk Thabaqah 7 dari golongan pembesar Tabi’i At-Tabi’in. wafat pada 173 Hijriah.
b. Guru : Nafi’ Abu Abdillah Al-Madani, Al-Walid bin Hisyam, Musafi’ bin Syaibah, Abdullah bin Muawiyah Al-Hasyimi, dll
c. Murid : Abu Salamah Musa bin Islamil al-Munqariy, Said bin Amir Al-Dib’i, Abdullah bin Muhammad bin Asma’ Yahya bin Himad, Yazid bin Harun, dll
d. Kredibilitas : Ibnu Hajar menilai beliau Shuduq sedang al-Dzihbi mengatakan Juwairiyah termasuk orang yang Tsiqqah.
4. Musa bin Ismail
a. Riwayat : lengkapnya adalah Musa bin Ismail Al-Munqari. Kunyahnya Abu Salamah. Beliau Thabaqah 9 dari golongan para Tabi’i at-Tabi’in yang kecil. Wafat pada 223 Hijriah di Bashrah.
b. Guru : juwairiyah bin asma’, Jarir bin Hazim, Ismail al-Munqari (ayahnya), Himad bin Zaid, Himad bin Salamah, Sulaiman bin Mughirah, dll
c. Murid : Imam Bukhari, Abu Daud, Ahmad bin Hasan At-Turmudzi, Abu Bakar Ahmad bin Umar bin Abi ‘Ashim al-Nabil (cucunya), dll
d. Kredibilitas : menurut Ibnu Hajar beliau orang yang Tsiqqah, sedang al-Dzihbi menilai beliau bukan hanya Tsiqqah tapi juga Hafidh.
5. Imam Bukhari
a. Riwayat : Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah Al-Ja’fa, beliau di lahirkan pada 194 Hijriah di tanah Bukhoro. Thabaqah 11 dan wafat di salah satu tempat di samarqandi pada 256 hijriah. Bapaknya termasuk imam hadits yang terkenal. Beliau (bukhari) terkenal dengan orang yang sangat cerdas dan aqalnya yang kuat pernah di coba oleh para Imam Hadits yang lain dengan menyebutkan Hadits secara tidak urut (Acak) dan beliau bisa membenarkan Hadits tersebut. Sebelum menulis Hadits beliau selalu melakukan wadlu’ terlebih dahulu dan shalat dua rakaat lalu menulis.
b. Guru : Musa bin Ismail Al-Munqari. Kunyahnya Abu Salamah, Ibrahim Bin Hamzah Al-Zubairi, Ayub Bin Sulaiman Bin Bilal, Ahmad bin Hanbal, dll
c. Murid : Imam Turmudzi, Ahid bin Abi Ja’far (wali Imam Bukhari), al-Husain bin Ismail Al-Muhamili (orang terakhir yang meriwayatkan haditsnya Bukhari di Baghdad), dll
d. Kredibilitas : menurut Ibnu Hajar beliau adalah Imam Hadits
J. I’tibar Hadits
Dari Data diatas dapat disimpulkan bahwa Hadits utama diatas adalah Hadits Shahih di lihat dari segi Matan karena tidak ada pertentangan dengan Matan Hadits lain yang redaksinya hampir sama, dan maksud isi dari Hadits ini juga tidak bertentangan dengan ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang Li’an.
Sedang dari segi Sanad, Hadits ini ditulis dengan Sanad yang tidak sampai pada Rasulullah SAW. Hanya berhenti sampai pada tingkat Tabi’in. melihat di maktabah syamilah bahwa diketahui Guru dari Abdullah yakni Anas bin Malik bin Nadlri bin Dlamdlam. Sedang Malik sendiri adalah salah seorang Sahabat Rasulullah SAW yang sudah barang tentu bertemu langsung dengan Rasulullah dan mendengar langsung hadits yang di sampaikan oleh Nabi. Anas bin Malik ini wafat pada 92/93 Hijriah. Selain Rasulullah, guru-gurunya yang lain seperti Zaid bin Tsabit, Zaid bin Arqom, Abdullah bin Abbas. Zaid bin Tsabit merupakan sekretaris Rasulullah dan masih banyak lagi guru-guru Anas bin Malik yang tidak mungkin disebutkan semuanya.
Imam Bukhari mengatakan bahwa Abu Salamah terputus dari sahabat Umar ra. Sedang Ibnu Bathal mengatakan dia (Abdullah) tidak mendengar Hadits dari Umar dan Ibnu Umayah. Dikatakan juga dia tidak mendengar dari Utsman. Putusnya sanad pada tingkat sahabat ini tidak jelas keterangannya, banyak beda pendapat. Akhhirnya “Wallahu A’lam” hanya Allah yang lebih tahu.
Jadi, setelah dillihat secara seksama Hadits utama yang di riwayatkan Bukhari ini dapat di jadikan sebagai dasar Li’an dari segi Matannya.
K. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa:
1. Hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari adalah Hadits Shahih dari segi Matan dan dapat di jadikan Hujjah.
2. Suami isteri yang melakukan sumpah Li’an cerai atau pisah selamanya.
3. Jika ada anak, maka anak di serahkan kepada Ibunya/isteri yang di Li’an tersebut karena suami tidak berhak atas anak itu.
4. Li’an dilakukan dengan cara-cara yang telah di tentukan.
5. Isteri di siksa jika si suami benar mengenai sumpah yang di tuduhkan kepada isterinya. Begitu juga sebaliknya suami di siksa jika isteri terbukti telah benar dan tuduhan suaminya merupakan tuduhan yang tidak benar.
DAFTAR PUSTAKA
Asy-Syafi’I (terjemah: Ismail Yakub dkk), Al-Umm jilid IX, Jakarta: C.V Faizan
Hasbi Ash-Shidiqi, Hukum-Hukum Fiqh Islam, 1952, Jakarta: Bulan Bintang
Maktabah Syamilah, Shahih Muslim Hadits no 1494
Muhammad Syathu Ad-Dimyathi, fathul Mu’in, Juz
Sulaiman Rasyid, Fiqh Islam,2007, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Syeh Muhammad bin qasim Al-ghizi (alih bahasa: Ibnu Zuhri), Fathul Qarib, 1995, Bandung: Trigenda Karya
No comments:
Post a Comment